Solo Jazz Terbaik Yang Harus Ditranskripsikan Bagian 1

Solo Jazz Terbaik Yang Harus Ditranskripsikan Bagian 1 – Ada banyak cerita tentang musisi jazz hebat yang mempelajari solo terbaik dari nenek moyang mereka: legenda bebop Charlie Parker yang terkenal bermain bersama dengan rekaman Lester Young untuk mengembangkan suara improvisasinya yang inovatif.

Red Garland memainkan solo Miles Davis dari ‘Now’s The Time’ (dari rekaman sebelumnya dengan Parker) kembali di Davis pada ‘Straight No Chaser’ dari album Milestones, dan ada beberapa rekaman Lee Konitz & Warne Marsh memainkan solo Lester Young bersama improvisasi mereka sendiri.

Dengan semua itu, berikut adalah beberapa solo jazz terbaik yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk dipelajari.

Lester Young ā€“ Lady Be Good

Dianggap sebagai salah satu solo jazz terbaik, dua chorus inspirasi melodi ilahi ini telah dihafal oleh banyak musisi berikutnya sejak direkam pada tahun 1936.

Pemain saksofon tenor sebagian besar bermain secara diatonis, dengan sedikit nada blues atau momen kromatisme yang aneh. Solo Pres penuh dengan kecanggihan ritmis, termasuk sejumlah frasa 3/4 tersirat melawan denyut 4/4.

Terdengar di G mayor di sini, ‘Lady Be Good’ (kadang-kadang berjudul ‘Oh, Lady be Good!) Adalah standar 32-bar oleh George dan Ira Gershwin dengan harmoni yang cukup sederhana, dan merupakan bagian dari repertoar jazz inti.

Solo klasik Lester Young lainnya dari era ini termasuk ‘Shoe Shine Boy’, ‘Broadway’, ‘Pound Cake’ dan ‘Tickle Toe’. Mereka cenderung cukup pendek, jelas dan tidak terlalu cepat, membuatnya relatif mudah untuk ditranskripsikan pada instrumen apa pun.

Chet Baker ā€“ There Will Never Be Another You

Chet Baker, yang ditampilkan di ou countdown musisi jazz keren terbaik, selalu dipandu oleh telinganya, bukan teori atau jilatan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Rekaman vokal pertengahan 50-an-nya berisi materi yang sempurna untuk dipelajari sebagai pengantar transkripsi, karena Baker biasanya mengikuti rendisi kepalanya yang dinyanyikan dengan solo trompet mid-register pendek yang sangat mudah dinyanyikan.

Dia memulai lagu ini dengan interpretasi yang longgar dari melodi pada terompet di F mayor, sebelum transisi ke kepala, yang dia nyanyikan di E flat mayor.

Setelah melodi, ia kembali ke trompet untuk solo selama 3/4 bagian chorus sebelum menyanyikan delapan bar terakhir dari formulir untuk menyelesaikannya.

Kedua chorus terompet ini layak untuk dipelajari: yang pertama memberikan pelajaran dalam mengambil melodi sebuah lagu sebagai titik awal Anda untuk improvisasi, dan keduanya mengandung bahasa di atas irama umum seperti mayor dan minor II-V-Is dan perubahan dari akord IV mayor ke IV minor.

Harry Warren’s There Will Never Be Another You adalah standar penting lainnya yang harus diketahui semua musisi jazz.

Selain terompet, scat solo Chet sangat direkomendasikan untuk dipelajari oleh penyanyi jazz.

Louis Armstrong ā€“ Struttinā€™ With Some Barbecue

Begitu banyak pendidikan jazz berfokus pada bebop dan gaya selanjutnya, tetapi memberikan perhatian serius pada musik dari tahun 1920-an dan 30-an benar-benar dapat membantu membedakan Anda dari keramaian.

Terompet solo pada rekaman tahun 1927 dari Louis Armstrong & His Hot Five adalah rekaman tahun 1927 adalah one-chorus-wonder, jadi tidak perlu waktu lama untuk mempelajarinya, tetapi dikemas dengan materi yang brilian.

Setelah solo setengah chorus oleh Johnny Dodds pada klarinet dan Kid Ory pada trombone, suara terompet opera Armstrong yang menggembirakan terdengar selama waktu henti yang tidak biasa.

Nada kedelapan akan mendominasi suara jazz dari tahun 1940-an dan seterusnya, tetapi bahasa berirama Louis berakar pada nada seperempatnya yang otoritatif. ‘Struttin’ With Some Barbecue’, digubah oleh pianis Lil Hardin Armstrong, adalah standar di antara pemain trad/Dixieland, tetapi harmoninya (didengar di sini di A flat mayor, kadang juga dimainkan di F) mirip dengan banyak standar lagu lainnya.

Lee Konitz, seorang penganjur lama untuk menyalin solo Armstrong, Lester Young dan pemain hebat awal lainnya, terdengar memainkan nada demi nada ini di The Lee Konitz Duets.